THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 08 Agustus 2010

pintar dalam permainan matematika SD (smart in elementary school math games)

1.   Isi kesembilan kotak ajaib ini agar jumlahnya selalu sama yaitu 15  pada setiap kolomnya.Mendatar/Horizontal.tegak/vertikal ataupun diagonal.Isi dengan angka 1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9

    jawab : 
     
5   9   1
3   4   8
7   2   6
2.Suatu usaha jual beli motor memiliki 22 unit motor pada tahun 2008.Setelah dilakukan accounting ternyata motor yang terjual ada 50 motor.Apa yang terjadi?
Jawab :
Bisa saja hal ini terdapat kesalahan pada sisstem accounting. Mungkin pada tahun tersebut ada penambahan jumlah motor sebanyak 28 motor. Namun tidak terdata dalam perusahaan tersebut.


3. 11x11=121.Buat beberapa strategi agar soal tersebut dapat diselesaikan!
Jawab :

   Strategi ke 1
Penjumlahan Berulang
11 + 11 + 11 + 11 + 11 + 11 + 11 + 11 + 11 + 11 + 11 = 121

   Strategi ke 2
Perkalian Susun Kebawah

11
11    x

 1 1
          1 1      +
          1 2 1

   Strategi ke 3
Kelipatan faktor
11, 22, 33, 44, 55, 66, 77, 88, 99, 110, 121.

   Strategi ke 4
Mengalikan dengan nilai tempatnya
Puluhan   x   Puluhan     
10   x   10   =   100

Puluhan   +   Puluhan     
10   +   10   =     20

Satuan   x   Satuan     
1   x   1   =        1   +


      Jumlah        121
           


   Strategi 5
Mengalikan dengan menggunakan jari tangan
   Langkah 1
Untuk perkalian lebih dari 10 maka simpan nilai 100 di dalam hati.
11 x 11
Maka pertama kita bayangkan 100 di dalam hati

   Langkah 2
Setelah 100 disimpan dalam hati maka langkah selanjutnya mencari hasil puluhan dan satuannya.
Angkat ibu jari tangan kanan dan lipat keempat jari yang lain. Begitupun dengan tangan kiri, ibu jari diangkat dan keempat jari lainnya dilipat.
Untuk mencari nilai puluhan maka jumlah jari tangan kanan yang berdiri ditambah dengan jumlah jari tangan kiri yang berdiri = jadi 1 ibu jari kanan yang berdiri ditambah dengan 1 ibu jari tangan kanan yang berdiri. 1 + 1 = 2. Karena ini mencari nilai puluhan maka hasilnya menjadi 20.
   Langkah 3
 Kita mencari nilai satuan. Untuk mencari nilai satuan maka jumlah jari tangan kanan yang berdiri dikalikan dengan jumlah jari tangan kiri yang berdiri = jadi 1 ibu jari kanan yang berdiri dikali dengan 1 ibu jari tangan kanan yang berdiri. 1 x 1 = 1.
   Langkah terakhir
Menjumlahkan angka ratusan, puluhan, dan satuan. 100 + 20 + 1 = 121

4. Aku adalah sebuah bilangan.Bilangan apa saja jika bertemu dengan ku akan ketakutan.sebesar apapun nilainya pasti takut dengan ku.Karena jika dikalikan pasti nilai suatu bilangan yang lain akan bernilai aku.satuan,puluhan,ratusan,ribuan bahkan trilyunan semua akan ku musnahkan menjadi aku.Siapakah aku?

Jawab:
Bilangan “aku” adalah 0 (nol).
Pembuktian :
1 x 0 = 0
10 x 0 = 0
100 x 0 = 0
1.000 x 0 = 0
1.000.000.000.000 x 0 = 0
Terbukti bilangan berapapun apabila dikalikan dengan 0 (nol) maka hasilnya adalah 0 (nol).

0 komentar: